Selasa, 23 Desember 2014

Jaminan Sosial


“ Urgensi dan relevansi peraturan jaminan sosial bagi  warga negara Indonesia”


          Jaminan sosial adalah kebutuhan dasar yang diinginkan oleh setiap warga negara dalam menanggulangi berbagai permasalahan kehidupan. Di Indonesia sudah banyak bentuk jaminan sosial yang  dilegalisasi oleh pemerintah demi tercapainya kesejahtraan sosial. Ragam varian yang di sajikan kepada masyarakat yang sangat menarik, seolah solusi dari pada solusi, dan mengatasi masalah tanpa masalah.

Sistem jaminan sosial di Indonesia dalam tektualisasinya sudah jelas namun dalam kontektualisasinya di lapangan masih kurang afektif. Berbagai macam alasan dari pemerintah untuk menjawab pertanyaan yang muncul dalam masyarakat. Seperti, kenapa masih adanya orang-orang yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak ?. Pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan papan untuk orang-orang yang sudah tidak bisa bekerja dan begitupun jaminan sosial bagi fakir miskin.

Pemerintah harus over-protektif dan reaktif mencari solusi bagi masalah-masalah sosial seperti: kemiskinan (destitution), ketelantaran, kecacatan, ketertinggalan, ketunaan sosial dan korban bencana alam. Dalam hal kesehatan, semua pelayanan kesehatan harus gratis atau tidak dipungut biaya sepeserpun khusunya bagi orang miskin. Karena kami menginginkan kesehatan bukan liberalisasi kesehatan dan komersialisasi pelayanan jaminan sosial. Jangan sampai kapitalis-kapitalis bermain didalam sebagai pelaku ekonomi yang menganggap kesehatan sebagai objeknya. Maka yang menjadi korban, tidak lain dan tidak bukan adalah masyarakat itu sendiri.

Kita tidak lagi mau mendengar adanya orang yang mati gara-gara tidak mendapatkan pelayanan kesehatan. Mereka ditelantarkan karena tidak tidak mempunyai biaya ataupun berbagai problematika sosial lainnya. Dalam kesehatan tidak boleh ada diskriminasi sosial, ras, suku dan agama. Semua itu memerlukan sosialisasi yang efektif agar masyarakat menyadari pentingnya kesehatan.

 Terjaminnya seluruh hak hidup sehat masyarakat tanpa kecuali, merupakan tujuan utama dari pada implementasi sistem jaminan sosial nasional.


-         Hal yang paling berharga dalam hidup ini adalah kesehatan dan waktu.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar